Tutorial Membuat Google Form Terlengkap 2023 di Hp dan Laptop

Tutorial Membuat Google Form Terlengkap 2023 di Hp dan Laptop

Sangat mudah untuk membuat google form 2023 terlengkap di hp dan laptop. Google Forms adalah layanan gratis dari Google untuk membuat formulir. Siapa pun yang memiliki akun Google dapat mengaksesnya secara gratis.

Selain membuat formulir, Google formulir juga dapat digunakan untuk mengumpulkan tanggapan terhadap formulir. Beserta fungsi analisis data dan hasil survei. Serta menautkan ke spreadsheet.

Google Formulir dapat membantu Anda dalam pengumpulan data dan survei. Fitur yang mudah dipahami menjadi salah satu kelebihannya. Berikut penjelasan cara membuat Google Form 2023 terlengkap di hp dan laptop.

Cara membuat Google Form terlengkap 2023 di Hp dan laptop

Google Forms pertama kali diluncurkan pada tahun 2008. Itu terus mengembangkan fitur-fiturnya hingga hari ini. Google Forms sangat mudah digunakan dengan antarmuka yang mudah dipahami.

Buat kamu yang belum tahu cara membuat form di Google Form, berikut ini cara membuat Google Form 2023 terlengkap di Hp dan laptop. Mari kita dengarkan baik-baik. Formulir Anda dijamin!

Cara membuat Google form di ponsel dan laptop sangat mudah. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengatur perangkat Anda, akses Internet, dan akun Google. Jika ini adalah pertama kalinya Anda membuat formulir googe, Anda pasti akan sedikit bingung karena berbagai fiturnya. Tapi tenang, kami akan memberi tahu Anda caranya.

  • Pertama, buka aplikasi Google Formulir. Google forms dapat diakses form.google.com atau saat kita masuk ke homepage Google Chrome ada titik sembilan di kanan atas. Klik ikon tersebut dan pilih menu Google Forms berwarna ungu. Untuk pengguna Hp, kamu juga bisa mendownload aplikasinya di playstore.
  • Setelah Anda memasukkan Aplikasi atau situs web Google Form, beberapa templat akan diberikan kepada kami. Kita bisa memilih template yang sesuai dengan kebutuhan kita. Jika template yang tersedia tidak dapat memenuhi kebutuhan kita, kita dapat membuat formulir kosong dan menyesuaikannya sesuai dengan yang kita butuhkan.
  • Saat memilih formulir kosong, lalu judul formulir, deskripsinya tetap tanpa judul. Kita dapat mengubah judul formulir dan menulis deskripsinya.

Cara Membuat Opsi Kueri Di Google Form

  • Setelah menamai Google form, kita dapat membuat form secara langsung dengan memilih jenis isian yang kita inginkan. Pilihan jawaban dapat berupa kotak centang, jawaban singkat, skala linier, pilihan ganda, jawaban panjang, atau sisipan yang memungkinkan responden menyisipkan file.
  • Setelah memilih opsi kolom yang diinginkan, Anda dapat langsung mengetikkan pertanyaan yang akan ditanyakan pada formulir. Jika opsi terbaik adalah dalam bentuk opsi, Anda dapat menulis opsi pilihan ganda atau jawaban. Jika opsi yang tersedia lebih sedikit, Anda dapat mengklik Tambah Opsi untuk menambahkan opsi.
  • Untuk menambahkan pertanyaan, Anda dapat mengklik tanda + di sebelah kanan pertanyaan. Setelah diklik, Anda dapat menyesuaikan dan membuat pertanyaan berikut.
  • Setelah menyelesaikan semua pertanyaan, Anda dapat meninjau formulir yang dibuat dengan mengklik ikon mata di sudut kanan atas.
  • Jika menurut Anda seluruh formulir telah diisi, Anda dapat mengklik ikon Kirim di sudut kanan atas untuk mendapatkan tautan Google formulir
  • Formulir Anda siap dibuat
  • Tidak ada perbedaan yang signifikan antara membuat formulir Google di ponsel atau laptop. Keduanya kurang lebih sama. Hanya ada satu perbedaan tampilan, namun semua menunya tetap sama.

Cara membagikan tautan Google form di perangkat seluler dan portabel

Setelah mengisi formulir, formulir siap diisi. Untuk melengkapi formulir Google, responden harus memiliki tautan untuk mengakses formulir tersebut. Ini adalah langkah-langkahnya :

  • Klik ikon dengan tulisan kirim di kotak ungu di pojok kanan atas
  • Ada beberapa pilihan untuk membagikan link Google form kepada responden, pilih sesuai keinginan Anda.
  • Saat mengirim melalui email, Anda hanya perlu mengisi nama penerima yang dituju dan menulis pesan kepadanya, lalu klik kirim. Anda juga dapat mengirim tautan sebagai editor melalui email.
  • Selain melalui email, Anda dapat membagikan formulir Anda melalui tautan dengan mengklik ikom chain. Anda hanya perlu menyalin dan membagikan tautan yang disediakan untuk menyelesaikannya.
  • Anda juga dapat membatasi responden berdasarkan kategori domain email institusional Anda.
  • Sama seperti cara membuat Google form, dengan membagikan form tersebut tidak ada perbedaan antara hp dan laptop. Keduanya memiliki menu yang sama. Oleh karena itu, dapat disesuaikan dengan perangkat yang tersedia.

Cara memeriksa hasil Google form di perangkat seluler dan portabel

Setelah tautan dibagikan, Anda harus menunggu responden melengkapi formulirnya. Bagaimana cara melihat formulir Anda? Ini pemaparanya

  • Anda dapat masuk lagi di aplikasi (di hp) atau di situs web Google formulir
  • Kemudian klik judul formulir untuk melihat hasilnya
  • Klik ikon balas
  • Anda kemudian dapat melihat tanggapan responden Anda secara agregat dan individual. Kemudian respon ini juga dilengkapi dengan grafik respon responden.
  • Jika Anda ingin menyeret data formulir, Anda dapat mengklik ikon spreadsheet di sudut kanan atas
  • Saat mengklik, pilih opsi Buat Spreadsheet Baru, lalu klik Buat
  • Kemudian Anda dapat mengakses hasil formulir Anda dan mengunduhnya dengan mengklik opsi file, lalu pilih opsi unduh dan Anda dapat memilih format file yang diinginkan

Cara Mendesain Di Google Form

Selain dapat menyesuaikan jenis pertanyaan, Anda juga dapat mengubah tampilan formulir Anda. Anda dapat menambahkan diagram. Tema warna juga dapat dikonfigurasi.

Pada opsi jawaban Anda juga dapat menyisipkan gambar. Baik dalam pertanyaan maupun dalam pilihan jawaban. Cukup klik kanan pada ikon gambar.

Di bawah Tambahkan gambar header, klik ikon palet di kanan atas, lalu muat header. Untuk memilih tema, Anda dapat mengklik ikon palet di sudut kanan atas. sangat mudah, bukan?

Anda dapat menjelajahi palet warna tema. Jika Anda merasa minder, Anda juga bisa memilih palet warna Anda sendiri. Jadi bentuknya akan menarik.

Cara Membuat Kuesioner Di Google Form

Google Formulir juga memungkinkan Anda membuat kuesioner. Anda dapat menambahkan nilai pada setiap pertanyaan. Maka nilainya akan langsung muncul setelah memasukkan jawabannya.

Klik ikon Pengaturan.Kemudian klik “ikuti kuis ini”. Setelah itu, Anda hanya perlu menyesuaikan pengaturan lanjutan.

Anda dapat menentukan apakah skor tes dapat dilihat segera setelah dikirimkan atau tidak. Kemudian Anda dapat memasukkan jawaban yang benar. Anda juga dapat menyesuaikan poin jawaban.

Fungsi notifikasi untuk responden yang mengisi formulir juga menarik. Anda juga dapat membuat format ucapan terima kasih untuk responden. Itu dapat dikirimkan secara otomatis setelah mengirimkan formulir.

Hasil evaluasi kuisioner dapat diperoleh langsung ke email responden. Fitur ini dapat meningkatkan transparansi skor. Fitu yang sangat menarik!

Cara Mengedit Kuesioner Di Formulir Google Bersama-sama

Untuk bekerja sama dalam formulir, Anda dapat mengaktifkan fitur tambah kolaborator. Klik pada tiga titik di pojok kanan atas. Kemudian, klik Add colabolator.

Anda dapat mengirim email ke rekan satu tim Anda. Anda juga dapat menggunakan editor tautan. Dengan koneksi dan akses ini, rekan satu tim Anda dapat mengakses dan mengedit Google formulir Anda.

Bekerja sama memungkinkan Anda melengkapi formulir dengan lebih cepat. Atau Anda dapat membagi pertanyaan menjadi beberapa bagian. Setiap bagian dapat dikelompokkan berdasarkan kategori pertanyaan.

Berbagai Jenis Google Formulir

Fitur yang disediakan oleh Google Forms sangat beragam. Seperti yang dijelaskan oleh penggunanya, fungsi ini dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Ini adalah bentuknya :

  • Pengumpulan data untuk tujuan pemasaran. Seperti data pribadi, alamat, bias pembelian produk, kebutuhan konsumen dan masalah lainnya.
  • Formulir pendaftaran untuk berbagai acara dan lamaran kerja
  • Pemesanan acara, pengisian data pribadi dan pengiriman bukti pembayaran untuk manajemen antrian
  • Kuisioner penelitian dengan pilihan jawaban skala linier yang lebih mudah dalam mengolah data
  • Bantuan online sambil belajar online
  • Kirim tugas secara online
  • Kuesioner online yang nilainya dapat dilakukan langsung segera setelah mengirimkan jawaban.

Penutup

Cara membuat Google form di ponsel dan laptop sangat mudah? Fitur lengkap dan gratis yang dapat Anda akses dengan mudah. Jangan takut untuk menggunakan Google forms.

Berbagai bentuk dapat dengan mudah dibuat. Kerjasama dalam proses manufaktur dimungkinkan. Serta hasil jawaban beserta grafiknya.

Kemudahan penyesuaian layar juga menjadi keunggulan Google forms. Pengguna dan responden yang sangat baik memiliki akses yang mudah. Semuanya ada di Google.

Demikianla, cara membuat Google form terlengkap 2022 di hp dan laptop kali ini. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk kalian semua. Semoga beruntung dan harapan yang bermanfaat.

Papam

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Tutorial Membuat Google Form Terlengkap 2023 di Hp dan Laptop yang dipublish pada 20 Mei 2023 di website poskabarmedia

Artikel Terkait